Fakultas dan Jurusan di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Assalamualaikum Saudara-Saudara sekalian

Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini, berhubung ada beberapa teman dan junior yang menanyakan tentang Fakultas dan Jurusan (Prodi=Program Studi) apa saja yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, saya akan menjelaskan secara singkat. (kegiatan ini sekalian promosi kampus sih hehe…).

Oke, here we go…

1.        Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Sudah jelas kan dengan namanya, itu fakultas apa? Yap, fakultas itu yang akan membimbing teman-teman menjadi guru dengan berlandaskan ke-Islam-an pastinya. Untuk jurusannya lumayan banyak, ada:

  • Jurusan/Prodi Pendidikan Agama Islam
  • Jurusan/Prodi Pendidikan Bahasa Arab

Lulusan kedua Jurusan ini akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I).

  • Jurusan Kependidikan Islam

Untuk Jurusan ini sekarang mengelola 2 Program Studi, yaitu:

                  a). Program Studi Manajemen Pendidikan, dan

                  b). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Untuk lulusan Prodi Manajemen Pendidikan akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) sedangkan lulusan Prodi PGMI akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Pendidikan (S.Pd).

  • Jurusan/Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
  • Jurusan/Prodi Pendidikan Matematika
  • Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Di dalam Jurusan ini mengelola 3 Program Studi, diantaranya:

                 a). Program Studi Pendidikan Biologi,

                 b). Program Studi Pendidikan Fisika, dan

                  c). Program Studi Pendidikan Kimia

  • Jurusan/Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
  • Jurusan/Prodi Pendidikan (Tadris) Bahasa Indonesia

Untuk Jurusan/Prodi yang dimulai dari Pendidikan Bahasa Inggris – Pendidikan (Tadris) Bahasa Indonesia, lulusan dari jurusan tersebut akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Pendidikan (S.Pd).

2.       Fakultas Adab dan Humaniora

Untuk fakultas ini saya kurang mengerti menjelaskannya bagaimana. Mungkin teman-teman akan lebih mengerti setelah saya sebutkan prodinya. Dimulai dari:

  • Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
  • Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
  • Program Studi Tarjamah

Prodi ini cocok untuk teman-teman yang gemar menerjemahkan teks Arab-Indonesia atau Indonesia-Arab.

  • Program Studi Ilmu Perpustakaan
  • Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris

3.       Fakultas Ushuluddin

Mungkin teman-teman yang belum tau pasti bingung dengan fakultas ini. Gak usah bingung, fakultas ini diperuntukan untuk teman-teman yang suka berpikir. Fakultas ini disebut sebagai fakultas pengusung pembaharuan pemikiran Islam di Indonesia. Untuk prodinya sendiri terdiri dari:

  • Program Studi Perbandingan Agama
  • Program Studi Tafsir-Hadits

Lulusan kedua Program Studi ini akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Theologi Islam (S.Th.I).

  • Program Studi Aqidah-Filsafat

Lulusan Prodi ini akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Filsafat Islam (S.Fil.I).

4.        Fakultas Syariah dan Hukum

Tentu dari nama fakultasnya, teman-teman telah tau kan bahwa fakultas ini buat teman-teman yang menyukai hukum dan tentu saja lulusan dari fakultas ini akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Hukum (SH). Ada beberapa program studi yang bernaung di bawah fakultas ini, yaitu:

  • Program Studi Hukum Keluarga (Akhwal Syakhshiyah)
  • Program Studi Hukum Pidana dan Tata Negara (Jinayah Siyasah)
  • Program Studi Mahzab dan Hukum (PMH)
  • Program Studi Muamalat (Ekonomi Islam)
  • Program Studi Ilmu Hukum

5.        Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Ada yang tau ini fakultas apa? Ya, buat teman-teman yang ingin belajar lebih tentang Public Speaking disinilah tempatnya. Di dalam fakultas ini juga ada beberapa Program Studi:

  • Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
  • Konsentrasi Jurnalistik

Konsentrasi ini sejatinya berada di bawah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Adanya konsentrasi ini untuk mengembangkan sebuah model jurnalistik Islami.

  • Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
  • Program Studi Manajemen Dakwah (MD)

Untuk prodi di atas, lulusannya akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Ilmu Komunikasi Islam (S.Kom.I).

  • Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)
  • Program Studi Kesejahteraan Sosial (KesSos)

Untuk kedua prodi ini, lulusannya akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Sosial Islam (S.Sos.I).

6.        Fakultas Dirasat Islamiyah

Fakultas ini menawarkan 1 prodi yaitu Program Studi Dirasat Islamiyah dengan 3 pilihan konsentrasi pada semester ketujuh:

  • Konsentrasi Ilmu Syari’ah,
  • Konsentrasi Ilmu Ushuluddin, dan
  • Konsentrasi Ilmu Bahasa dan Sastra Arab

Lulusan dari fakultas ini akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Studi Islam (SSI).

7.        Fakultas Psikologi

Teman-teman semua pasti sudah tau ini fakultas apa. Jadi buat teman-teman yang ingin membantu orang lain dalam segi psikologis dapat memilih jurusan ini.

8.        Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jika teman-teman ingin menjadi Menteri Perekonomian, Menteri Keuangan dan bekerja pada Bank, ya disinilah teman-teman dapat menimba ilmu. Fakultas ini menyediakan 3 program studi, diantaranya:

  • Program Studi Akuntansi

Lulusan dari Program Studi ini akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Ekonomi Akuntansi (SE.Ak).

  • Program Studi Manajemen
  • Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

Sedangkan lulusan dari kedua Program Studi diatas akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Ekonomi (SE).

9.        Fakultas Sains dan Teknologi

Apabila teman-teman suka dengan kecanggihan teknologi atau lebih menyukai pelajaran MIPA, disinilah teman-teman seharusnya berada. Fakultas ini menawarkan 7 program studi, yaitu:

  • Program Studi Teknik Informatika
  • Program Studi Sistem Informasi
  • Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis
  • Program Studi Matematika
  • Program Studi Fisika
  • Program Studi Kimia
  • Program Studi Biologi

Selain itu, di fakultas ini juga membuka Program Internasional untuk:

  • Program Studi Teknik Informatika (Computer Engineering), dan
  • Program Studi Sistem Informasi (Information System)

10.        Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

Apakah diantara teman-teman ada yang bercita-cita menjadi dokter? Nah disinilah teman-teman bisa belajar dan meraih cita-cita menjadi dokter. Tidak hanya dokter saja, menjadi seorang Manager Rumah Sakit juga bisa. Berikut Program Studi yang ditawarkan oleh fakultas ini:

  • Program Studi Pendidikan Dokter

Lulusan dari prodi ini akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Kedokteran (S.ked) dan setelah menjalani program profesinya maka gelar yang diperoleh adalah dokter (dr.).

  • Program Studi Kesehatan Masyarakat

Lulusan dari prodi ini akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM).

  • Program Studi Farmasi

Lulusan dari prodi ini akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Farmasi (S.Far) dan setelah menjalani program profesinya maka gelar yang diperoleh adalah Apoteker (Apt.).

  • Program Studi Ilmu Keperawatan

Lulusan dari prodi ini akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan setelah menjalani program profesinya maka gelar yang diperoleh adalah Ners (Ns).

11.        Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Nah ini dia fakultas yang terakhir yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Fakultas dimana tempat saya bernaung sekarang hehehe :D . Bila teman-teman ingin menjadi seorang pemimpin negara ini atau menjadi duta besar, fakultas inilah yang cocok buat teman-teman. Fakultas ini menawarkan 3 Program Studi, diantaranya:

  • Program Studi Ilmu Politik

Jika ada teman-teman yang masuk prodi ini akan bertemu dengan saya nantinya hehehehe :D .

  • Program Studi Hubungan Internasional
  • Program Studi Sosiologi

Lulusan dari ketiga program studi ini akan menyandang Gelar Akademik yaitu Sarjana Ilmu Sosial (S.Sos).

Sudah merasa jelaskan dengan apa yang saya jelaskan? Jadi buat teman-teman jangan ragu-ragu lagi untuk memilih Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai pilihan PTN teman-teman dalam SNMPTN nanti. Pastikan jurusan/prodi yang akan teman-teman pilih supaya tidak menimbulkan kekecewaan di saat masa perkuliahan sedang berlangsung nantinya. (niat awal sih buat ngasih penjelasan tentang fakultas dan jurusan tapi sekalian promosi lah hehehe :D )

Untuk data-data diatas saya mengambilnya lewat Buku Pedoman Akademik UIN Syarif Hidayatulah Program Strata 1 2011/2012. Mau tau bukunya seperti apa? Here it is…..

Buku Pedoman Akademik

The Book of "Pedoman Akademik UIN Syarif Hidayatullah"

The Book of “Pedoman Akademik UIN Syarif Hidayatullah”

Udah pada tau kan bukunya. jadi kalo mau punya buku itu harus jadi mahasiswa/mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah dulu hehehe.

Cukup sekian penjelasan saya yang udah panjang x lebar x tinggi. Semoga yang baca gak bosen ya hahaha.

Saya ucapkan terima kasih buat yang udah nyempetin baca postingan ini :)

Wassalamualaikum Saudara-Saudara :)

About Aulia Akbar ' s Blog

Seorang Pemuda yang bercita-cita agar berguna bagi Agama, Nusa, Bangsa dan Negara Indonesia
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

314 Responses to Fakultas dan Jurusan di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

  1. hendi dwi istanto says:

    kang, punya soft copy buku pedoman akademik tak?

    • gak ada. yang punya soft copy biasanya pihak yang membuat buku tersebut :)

    • Rudi Saputra says:

      Assalamu’alaikum.
      Ka jurusan apa atau program studi apa yang peminatnya sedikit untuk jurusan IPS di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. makasih
      Wasalam

      • Walaikumsalam. Sepertinya tidak ada yang program studi dengan peminatan yang sedikit. Setiap tahunnya, satu program studi bisa mempunyai 500 peminat

      • Rudi Saputra says:

        assalamu’alaikum
        ka ilmu politik nanti ketemu matematika ga kla di uin jakarta??makasih

      • Walaikumsalam. Matematika tidak ada, hanya ada mata kuliah Statistika saja selama 1 semester

      • rudi saputra says:

        assalamu’alaikum. ka alhamdulillah saya masuk UIN program studi ilmu politik, tapi ortu saya kurang setuju, di ilmu politik kedepannya bisa jadi apa ajah ka?ortu saya soalnya nanya seperti itu
        wasalam

      • Walaikumsalam. Dari jalur SNMPTN kah? Selamat ya Rudi. Pertanyaan itu menjadi wajar, tidak hanya orang tuamu saja yang bertanya tetapi juga orang banyak. Bahkan kalau ada yang bertanya kepada saya, sebenarnya pun saya sendiri bingung harus menjawab seperti apa, karena saya belum mencicipi dunia kerja. Ilmu politik merupakan rumpun dari ilmu sosial yang mempelajari hampir semua hal yang dapat mengasah kemampuan analisis mengenai beberapa fenomena sosial, politik, pemerintahan, budaya, ekonomi, filsafat, hukum, manajemen konflik, Hak Asasi Manusia (HAM), Lingkungan Hidup, media, dan masih banyak lagi. Idealnya, lulusan ilmu politik bisa menekuni pekerjaan sebagai peneliti, pengamat, dosen atau bekerja di partai politik, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan DPR (sebagai anggota legislatif atau stafnya), serta sebagai diplomat dan bekerja di kementrian luar negeri atau kedutaan besar.

      • Rudi Saputra says:

        terimakasih ya bang informasinya, iya bang saya dari jalur SNMPTN.
        abang skrng masih kuliah kah?semester bpa?
        yaudah nanti saya akan jelaskan itu semua ke orang tua saya
        terimakasih bang.

      • Oke sama-sama. Iya saya masih kuliah, sekarang semester 6 dan tahun ajaran baru nanti saya ada di semester 7.

      • rudi saputra says:

        Tunggu saya saya di UIN ya bang, tgl 1 september saya akan menjadi mahasiswa di UIN jakarta ;)

  2. Imam syafi'i says:

    Shiiippt. . .

    tnggu.in aq ya mas. . .aq mw ksna. . .
    mhon do’a.a ya . . . :-D

  3. mau tanya, kalo kuliah di uin syahid itu nge-kostnya jauh nggak??? trus hal2 tntg kost2an itu bgmna?

  4. hasyifa says:

    ka’,insyaAllah temen saya atau mungkin saya juga mau masuk UIN,moga bisa ketemu,kan bisa nanya2 hehehe:)

  5. Rela wahyuni says:

    Kak biaya ϑī jurusan farmasi atau kesehatan masyarakat berapa ya?

    • Untuk biaya masuknya berdasarkan “Biaya Pendidikan Program Strata 1 (S1) Tahun Akademik 2012/2013″, prodi farmasi Rp 16.195.000,- dan prodi kesehatan masyarakat Rp 6.195.000,-. Biaya diatas sudah termasuk Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), Dana Praktikum Laboratorium (DPL), Dana Operasional Pendidikan (DOP), Dana Kesehatan Mahasiswa (DKM), Dana Perpustakaan (DP), Dana Kartu Tunai Mandiri (DKTM), Dana Test Bahasa (TOEFL dan TOAFL) (P-Test), Dana Test Kesehatan (T-Kes), Dana Kolaborasi Pengembangan Fakultas (DKPF), dan Dana Orientasi Pengenalan Kebangsaan dan Keagamaan (DOPKK). Untuk Biaya Pendidikan Semester 2 dan seterusnya, prodi farmasi Rp 5.545.000,- dan prodi kesehatan masyarakat Rp 3.045.000,-.

      • Agnia Nur Zalillah says:

        kaka,, mau tanya yang masalah biaya masuk farmasi.. kalau yang Rp.16.195.000 itu pembayaran tahap semester pertama saja ya kaka? terus semester selanjutnya biayanya Rp. 5.545.000 gitu bukan ka?

      • iya, pembayaran yg Rp 16.195.000 itu hanya untuk semester 1 aja. Semester 2 dan selanjutnya itu Rp 5.545.000

  6. rahman says:

    asalamualikum ka’
    jurusan bahasa indonesia doank ada gak,,,,,

  7. rahman says:

    soalny gini ka2…
    sya slama bljar gx prnah bner, setelah sya pindah sekolah xelas 12 sma sya bru bner, jdi sya ktinggln plajarn ,,,

    • Begini Rahman, untuk Program Studi “Bahasa dan Sastra Indonesia” sendiri tidak ada. Adanya Program Studi “Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia”. Kalau yang Pendidikan ini, dipersiapkan untuk menjadi tenaga pengajar (guru). Jika memang Rahman tidak suka menjadi guru, saran saya pilih prodi/jurusan yang tidak berbasis “Pendidikan” dan juga yang memang sesuai minat dan bakat Rahman. Saya rasa Rahman bisa mengejar ketinggalan pelajaran dan bisa fokus untuk benar-benar belajar. Rumusnya, Sempurnakan sholat 5 waktu, dan perbanyak sholat tahajjud dan sholat dhuha. Rahman juga jangan malu meminta bantuan teman yang pintar untuk mengajari Rahman. Masih ada waktu 3 bulan menuju UN dan itu artinya masih ada kesempatan buat Rahman mengejar ketinggalan. Jika memang nantinya jenuh, istirahatlah sekitar 1 jam dan saat beristirahat itu selalu ingat orang tua. Apa yang kamu lakukan ini untuk membuat orang tua bangga memiliki anak seperti kamu. Semangat man :)

  8. yunita s says:

    Kak kalo syarat masuk masing-masing fakultas, mana yang dari jurusan ipa, dan mana yang dari ips?

    • Untuk masalah syarat tiap fakultas, mana yg dari jurusan IPA dan mana yang dari jurusan IPS, langsung buka link aja dibagian Prosedur Pendaftaran S1 bagian Pilihan Program Studi. Disitu ada 3 Paket. Paket Agama (A), Paket IPS (B) dan Paket IPA (C). untuk Paket Agama (A) boleh dari jurusan IPA atau IPS. Untuk Paket IPS (B) biasanya dari jurusan IPS dan boleh dari jurusan IPA. Tetapi untuk Paket IPA (C) hanya untuk jurusan IPA dan tidak boleh dari jurusan IPS

  9. Kak, mau tanya dong. Kuota untuk masuk FISIP yang HI sama Managemen itu tersedia berapa kursi?

    • Kuota pastinya saya tidak tau persis karna setiap tahun bisa berubah-ubah. Yang jelas untuk satu prodi dalam satu angkatan biasanya mencapai 100-150 kuota. Dan itu terbagi ke dalam beberapa jalur seperti SNMPTN, SPMB-PTAIN jalur Penelusuran Prestasi Akademik (PPA) dan SPMB-PTAIN jalur Ujian Tulis, SBMPTN, dan yang terakhir SPMB Mandiri

  10. ratih irwani says:

    Ass.maaf kak mau nanya nih,aku berminat nih di pend dokternya,do’ain masuk yah kak,mau tanya daya tampung buat prodi kdkterannya brapa yah? Trus peluangnya besar gk buat aku yg bukan anak jakarta kalo mau ikut melalui snmptn?

    • Walaikumsalam. Kalau untuk kuota pastinya saya gak tau pasti. Biasanya untuk satu program studi manapun dalam satu angkatan itu 100-150 kuota. Kalau lewat jalur SNMPTN gak memandang anak Jakarta atau bukan Ratih, tetapi melihat dari prestasi akademik Ratih selama di bersekolah di SMA/Sederajat. Saya doakan semoga Ratih masuk di Pendidikan Dokter UIN Syarif Hidayatullah Jakarta :)

  11. Agnia Nur Zalillah says:

    kak mau tanya dong, kalau mau masuk farmasi ada syarat-syarat khusunya gak ka?

  12. Erin Nadia Fatihah says:

    Assalamu’alaikum kak..
    Insya Allah saya pengen masuk Fakultas Adab dan Humaniora dengan prodi Bahasa dan Sastra Arab. Kira-kira kk tau nggak Persyaratannya apa untuk masuk fakultas tsb? Makasih sebelumnya, semoga saya bisa masuk di UIN SH di fak. Adab dan Humaniora.. Aamin…

  13. mei wulandari says:

    Assalamualaikum. Sebelumnya salam kenal ka :) ka mau tanya kuota kessos dan sosiologi di UIN untuk tahun ini berapa ya ka? dan untuk kessos, lebih mendalam ke islammya atau kessos secara umum ka? Mohon dijawab. Terimakasih ka :)

    • Walaikumsalam, maaf sebelumnya jika ingin tau berapa kuota pertahunnya, saya tidak tau pastinya. tapi biasanya kuota pertahun itu nyampe 100 kursi lebih. kalo ingin lebih tau pastinya, silahkan ditambah saja kursi yg disediakan dari SNMPTN, SBMPTN, SPMB-PTAIN dan SPMB Mandiri :D

  14. Putri Sekar Dini says:

    Assalamualaikum , kak mau tanya deh m aku kan lulusan MAN tahun 2012 …… Gak bisa ikut snmptn kan ya? Bisa nya ikut ptain sama spmb adja??? Bah untuk peluang kira2 lebih besar test yang mana kak??
    Satu lagi pertanyaan aku, kalo mau ambil manajemen pendidikan di prodi 1 boleh gak aku taro jurusan PGMI di prodi ke 2 nya??? Sebelumnya terimakasiih :)

    • Walaikumsalam. iya tidak bisa ikutan SNMPTN tetapi masih bisa ikutan SBMPTN (tahun lalu namanya SNMPTN Tulis), SPMB-PTAIN dan SPMB Mandiri. kalo peluang biasanya lebih besar yang di SPMB Mandiri karena kuota yang disediainnya lebih banyak. untuk urutan prodi, usahakan yang ditaro di pilihan prodi 1 itu yang prioritas utama, dan menurut saya, boleh saja jika pilihan 1: manajemen pendidikan dan pilihan 2: PGMI.

  15. immanisa says:

    kak, mau nanya…..

    aku mau kuliah di UIN tapi rumah aku jawa timur… terus aku mau ikut program bidk misi… bisa nggak??? dan persyaratannya apa aja???

    • silahkan lihat pedoman untuk ikut bidik misi. karena setau saya bidik misi bukan dilihat karena letak rumah dengan kampus jauh, tetapi karena calon mahasiswa tersebut kurang mampu. untuk persyaratan bidik misi silahkan cek di daftar.bidikmisi.dikti.go.id atau bisa juga cek di bidikmisi.kemdikbud.go.id

  16. imelda says:

    saya masih galau ne sma fakultasnya
    mnurut anda, enakan farmasi, keshatan masyarakat ato keperawatan ya ?
    mohon di jwbb

    • lebih baik coba gugling apa saja yang dipelajari dan bagaimana pekerjaan yang akan didapat nanti setelah lulus dari ketiga prodi tersebut. dan untuk hal seperti ini, bukan tanyakan ke orang lain, lebih enak prodi mana, tetapi sesuaikan dengan minat dan bakat kamu. karena minat dan bakat kamu sama saya atau kamu dengan orang lain itu berbeda :)

  17. shandy Aswin Maulana says:

    ass,kang kalau sudah lulus dari prodi SKM ntar jadi apa…???

  18. nur kamila says:

    Asslamualaikum ka … hmhh kaka untuk informasi fakultas sains dan informatikanya bisa diperjelas lagi tidak? hmhh saya ingin masuk disana tapi saya masih bingung antara fakultas ekonomi dan bisnis atau fakultas sains dan informatika ? -_-
    aqu menunggu balasan kak :) terimakasih. walaikumsalam kaka:)

  19. holyuzumaki says:

    Kak UIN tahun ajaran 2013 sekarang bisa lintas jurusan ngga?

  20. kemas says:

    di ilmu politik gimana nyaman ga?ketemu banyak pelajaran mtk ga sih?

  21. Ka .. kalau jurusan pendidikan PGSD ada gak ka ?
    terima kasih ..

  22. yasmin afra says:

    ka bedanya akuntasni biasa sama akuntansi kelas internasional apa kak?

  23. Zacky says:

    kalo masuk fakultas ekonomi berapa anggaranya , thanks

  24. Yuli yanti aryanto says:

    Ka , mau tnya . Persyratan msuk jrusn perbankn syariah tuh ap aj ya ?

  25. nabil says:

    maaf ka mau nanya,
    kalo jurusan kimia murni sama psikolog biaya masuk sama persemesternya berapa ya?

  26. Septiani says:

    Kak saya d smk masuk jurusan managemen marketing, trus daftar uin kira2 fakultas apa ya kak yg cocok ?

  27. Sinta says:

    Ka, kira2 UIN Syahid menyediakan waktu kuliah sistem pagi sore gak? Soalnya aku mau kuliah sambil kerja

    • waktu kuliah di UIN Syahid itu dari pagi jam sampai sore. dibagi menjadi 4 jam kuliah: jam pertama = 07.30 – 09.30 , jam kedua = 09.45 – 11.45 , jam ketiga = 12.30 – 14.30 , dan jam keempat = 14.45 – 16.45. jadi jika kamu mau kuliah sambil kerja, kemungkinan kamu bisa ambil shift malam untuk kerja :)

  28. Adilah Yasmin Hatta says:

    Kak, mau tanya. saya sudah dinyatakan lulus di Universitas syarif hidayatullah, ilmu politik. tp banyak yg bilang ilmu politik hanya berorientasi pada mata kuliah islam, bahkan ada yg bertanya mau jadi apa lulusan ilmu politik di syarif hidayatullah? saya butuh penjelasan kak, soalnya selangkah lagi mau daftar. terima kasih

    • perbedaan ilmu politik di UIN Syahid dengan ilmu politik di kampus yang tidak berbasis agama memang terletak pada mata kuliahnya. jika di kampus lain mata kuliah yg berbau agamanya (dalam hal ini islam) sedikit, tetapi di UIN Syahid ini bisa dibilang lumayan dan banyaknya di semester 1 dan 2. karena mata kuliah yg berbau Islam sendiri adalah mata kuliah umum yang disediakan oleh kurikulum universitas. tetapi jika sudah melewati semester 2, mata kuliah islam paling cuma 1 dan 2 dan yang lain mata kuliah yang sudah berbau politik. bukan berarti semester 1 dan 2 tidak ada mata kuliah yg berbau politik cuma di semester tsb mata kuliah yg berbau politik paling cuma ada 3-4 diantara 7 atau 8 mata kuliah. untuk masalah lulusan sendiri, ilmu politik itu luas. bisa jadi akademisi: pengamat politik, dosen, atau guru ; aktivis: politikus, anggota dewan, pns atau pegawai swasta ; profesionalis: presiden, gubernur, bupati/walikota, menteri, sekda, ataupun kadin. dan untuk lulus setelah jadi sarjana, tergantung diri sendiri, sudahkah memiliki hardskill (ilmu) dan softskill (teamwork). jika sudah memiliki keduanya, saya rasa tidak ada yg perlu dikhawatirkan kedepannya

  29. eva says:

    asssalamualaikum kang..kang saya ketrima di uin jalur spmb-ptain jur ilmu keperawatan. akreditasi untuk ilmu keperawatan apa?
    kalo dari surabaya turun stasiun apa? trus naik bis apa? saya belum pernah ke jakarta sama sekali.mohon informasinya ya kang.syukron

  30. khusnul says:

    Assalamualaikum,kak saya mau tanya waktu untuk hari perkuliahan itu dari senin sampai hari apa ya? terimakasih

  31. nuur says:

    Assalamualaikum kak, aku baru masuk kelas 3 nih dan aku udah punya pilihan buat masuk managemen bisnis atau sistem informasi uin. Bisa dijelasin ga kak kalo managemen itu fokusin ke pel mana? Sistem informasi di fokusin pelajaran apa? Ipa atau ips ka?

  32. faridhaaa says:

    di UIN apakah ada jurusan analis kesehatan ?

  33. Dinara says:

    Assalamualaikum .
    Kak , aku dapet Kesejahteraan Sosial UIN Jakarta 2013 . Naah kalo KesSos itu prospek kerja nya apa ya ?
    terimakasih

    • Wah selamat ya sudah diterima di Kesejahteraan Sosial UIN Jakarta. Tapi jadi mahasiswanya gak nih? Kalo udah jadi mahasiswanya, pasti tau kan prospek kerjanya apa. Well, kalau belum tau, KesSos itu belajar menganalisis dalam proses penentuan kebijakan umum, menelaah masalah sosial kayak kemiskinan, ekonomi, korupsi dan kriminalitas. Makanya nanti bisa bekerja di instansi pemerintahan atau konsultan publik.

  34. Dinara says:

    Assalamualaikum .
    Kak , aku dapet Kesejahteraan Sosial UIN Jakarta 2013 . Naah kalo KesSos prospek kerja nya apa ya ?
    Terimakasih

  35. Dinara says:

    kak , kalo kessos itu prospek nya apa ? Bingung kalo ditanya orang jawab apa ._.

  36. diki says:

    Ka saya dari jurusan ipa , gk ngaruh kan ngambil jurusan falkultas ekonomi dan bisnis & kira” berapa biaya’a.
    trus dtes gk?

    • Kalau IPA mau ngambil lahan IPS gak apa-apa. Kalau mau masuk kuliah, ya di tes lah. Masalah biaya, kalau biaya tes itu paling mahal Rp 300.000,- (tes SPMB). Kalau biaya kuliah, coba cek komentar diatas, saya sudah pernah memberikan link untuk biaya kuliahnya atau bisa di cek di laman

  37. nadila natasya says:

    Assalamualaikum. …
    Afwan ,,, sya mau tanya untuk test fakultas ilmu tafsir hadist biasa’y apa saja ????

    Wassalam ..

    • Untuk pertanyaan yang ini mungkin bisa ada yang bantu? Karna saya sendiri tidak tahu jawabannya apa. Kalau tesnya lewaat SPMB Mandiri, kalau tidak salah tafsir hadist masuk ke dalam bagian agama. Jadi biasanya tesnya ya tes pelajaran agama

  38. noname says:

    min kalo quota untk sistem informasi berapa kursi ya?

    • Biasanya setiap tahun itu, bisa sampai 100 kursi bahkan lebih. Nah dari 100 kursi itu dibagi kedalam beberapa tes, diantaranya tes SNMPTN, SBMPTN, SPMB PTAIN dan SPMB Mandiri. Biasanya, quota yang paling banyak itu di SPMB Mandiri

  39. Assalamualaykum, kalo mau masuk pendidikan agama islam atau psikologi itu harus dr jurusan ipa atau ips buat kriteria snmptn undangan?

  40. Rizki Maulana says:

    Ka saya mau nanya kalo untungnya ngambil jurusan Program Studi Hubungan Internasional itu apa? Dan cari kerjanya gimana susah gak? Saya juga bingung mau pilh Program Studi Hubungan Internasional atau progam studi manajemen mana yg lebih mudah dijalanin?? Tolong pencerahannya :)

    • Keuntungannya? Memangnya yang di dalam benakmu mengenai Program Studi Hubungan Internasional dan Program Studi Manajemen itu seperti apa? Dan bayanganmu tentang prospek kerjanya seperti apa? Mungkin bisa dijelaskan dahulu.

  41. illa says:

    assalamualaikm kak :) saya pengen masuk fakultas kedokterannya, ini saya juga dari pondok, tapi dari jatim,apa peluangnya besar?

    • Walaikumsalam, kalau tidak salah UIN tidak melihat apakah seseorang itu dari pondok atau bukan. Murni berdasarkan hasil tes. Tapi keuntungannya yang berasal dari pondok mungkin bisa tes melalui jalur SPMB PTAIN. karena SPMB PTAIN juga dilihat berdasarkan latar belakang pendidikannya dan dengar-dngar juga yang diterima melalui SPMB PTAIN kebanyakan yang dari pondok

  42. illa says:

    assalamualaikum kak :) , ini saya sangat berminat di UIN jurusan kedokteran, apa daya tampungnya lebih besar buat anak pondokan ?

  43. kalau kita ingin masuk UIN lewat jalur undangan apakah kita di tes lagi atau tidak iyah ?? mohon infonya ,

  44. Resa Irawati says:

    Assalamualaikum , ka mau tanya , fakultas ilmu kedokteran gigi UIN ada apa engga ka ?. oya ka , saya juga berminat mengambil prodi kesehatan masyarakat melalui SNMPTN 2014 , syarat nya apa aja ? . terimakasih , semoga bisa belajar bersama di UIN Syahid tercinta . aamiin .

    • Walaikumsalam. Program studi Kedokteran Gigi tidak ada. Yang ada hanyalah Program Studi Pendidikan Dokter (dokter umum bukan dokter gigi). Kalau tidak salah, persyaratan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan itu hanya tidak boleh buta warna. Amin, saya doakan semoga adinda bisa berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta :)

  45. Suraty PutRi says:

    kak, kira2 langkah apa saja yang seharusnya saya jalani agar bisa memilih prodi yg tepat untuk diri saya ? karena saya masih bingung untuk memilih prodi di UIN syarif ini???

    • Coba sediakan kertas dan pulpen/pensil. Dalam satu halaman, buat dua bagian, bagian A dan bagian B. Bagian A untuk Bakat dan Bagian B untuk Minat. Di bagian A/Bakat, tulis bakat kamu apa aja, misalnya menulis, berhitung, suka menganalisa suatu hal, pandai berbicara, pandai mengumpulkan teman-teman, pandai mengaji, pandah mengajar, dan seterusnya sampai semua bakatmu tertulis. lalu di bagian B/Minat, tulis minat kamu itu masuk di jurusan/Program Studi apa, misalnya Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Kedokteran, Pendidikan Keguruan, Matematika, Fisiki, Kimia, Teknik Informasi, jurnalistik, Ilmu Hukum, dan seterusnya. Menjadi calon mahasiswa tentunya udah harus tau, di jurusan/program studi itu belajar apa. Jadi, tinggal dicoret aja minat yang tidak sesuai dengan bakat kamu. Jangan lupa untuk konsultasikan masalah ini ke orang tua maupun guru. Biasanya mereka bisa membimbing lebih lagi. Semoga sukses :)

  46. Neneng says:

    Aq minta alamat website kampusnya donx…
    Kalau kul di kampus ini da kelas karyawan ga??
    Oya, bisa konversi atau tidak?

  47. maya says:

    ass ka mau tanya kalau pendaftaran ners di uin itu hanya dari alumni sarjana keperawatan uin atau dari luar bisa ? mohon info nya ka terima kasih :)

  48. diahwulansari says:

    kakak mau tanya kalau program study pendidikan sosiologi ada tidak ka ?
    terus masalah biayanya terjangkau gak ka ?
    terimakasih

    • Untuk program studi pendidikan sosiologi tidak ada. Yang ada hanya Sosiologi (bukan pendidikan). Untuk biaya termasuk terjangkau, dimana masuk awal kurang dari 5juta dan biaya semester 2 sampai selanjutnya 2 juta kalau tidak salah

  49. Muhammad Soleh says:

    Asslmkm,ana krja dr pagi sampe sore,jam 8 sampe jam 4,kira2 bisa ga utk kuliah d uin syahid

  50. siti sarah says:

    assalamualaikum… mau tanya, jurusan di UIN yg peminatnya sedikit itu apa ya? terus peluangnya besar ga ya untuk masuk kesitu. trus juga, saya kan suka fisika, kira2 jurusan fisika itu termasuk jurusan yang banyak peminatnya atau gak, soalnya kalo banyak, kan peluangnya jadi kecil buat masuk…

  51. fathul hikmah says:

    assalamu’alaikum
    kak mau tanya” nih untuk jurusan pendidikan bahasa arab biaya masuk awalnya brpa dan persemesternya brpa yahhh ?
    dan utk soal beasiswa UIN syahid menawarkan beasiswa apa ajah kak ?
    saya tunggu jawabannya :)

  52. Cencen says:

    Assalamualaikum.. kak maaf saya masih kls 3 smk jurusan perawat. saya ada niat untuk mendaftarkan diri ke uin di jurusan keperawatan. tp tdk melalui snmptn atau sejenisnya. itu bisa/tidak ya kak? thanks sebelumnya:)

  53. muhammad hakim says:

    kak, kalau jurusan BPI itu seperti apa sikak ? soalnya aku belum pernah tau tentang jurusan BPI itu????

  54. ayu says:

    Assalam..
    k’, mau tanya di UIN ada pesantrennya nggak??
    kalau ada, seperti apa kegiatannya???
    trimz….:-)

  55. Dhina says:

    Assalamu’alaikum ka’,,
    biaya ilmu keperawatan berapa ya??

  56. kaka mau tanya , kalo lulusan fakultas psikolog menyandang gelar apa?
    tertarik nih buat masuk fakultas psikologi diuin :)
    makasih :)

  57. Muhammad Soleh Soleh says:

    asskum kak kalo mau masuk uin ngambil jurusan hukum…? harus di tes ya

  58. gusti yessi p says:

    Ass.
    Ka, kalau lulusan smk kesehatan masuk uin bisa kan pake snmptn? Fakultas keperawatan sekarang kira2 biaya masuk keseluruhanya berapa ya kak? Tersedian untuk berapa kursi untuk perawat?

  59. muna saifudin says:

    assalamu’alaikum
    kaka, saya mau tanya untuk pendaftaran di UIN tahun 2014 kapan ya?
    terus di UIN kelas2 nya apa aja ya kak?
    mohon di jawab ya kak terimakasih… :)

  60. ade says:

    untuk biaya kedokteran per semesternya berapa yach???

  61. muhanad rafi says:

    UIN Syarif Hidayatullah is the best . . .

  62. muhanad rafi says:

    UIN Syarif Hidayatullah is the best, pengen deh bisa masuk ke UIN . . .

  63. Linda Rahmadhani says:

    kak klo jurusan mipa biologi nanti kalo keluar jdi apa?trus sya kan dari luar jakarta berapa persen biar bisa masuk uin kak??apa di bedain ya kak dari luar jakarta? :)

  64. M Dwiki F says:

    mau tanya om,untuk jurusan informatika ,itu kira2 dibagi2 lagi ga ya?misalnya ilmu komputer sama tehnik komputer gitu?
    trims

  65. asy says:

    ka saya dari smk dibogor jurusan teknik komputer jaringan, terus niatnya mau msk uin jurusan perbankan syariah ka, kirakira bisa ga ya ka? tp maunya lewat jalur rapot

  66. dimatussyifa says:

    assalamu’alaikum ..
    ka mau tanya sebenernya jurusan manajemen haji dan umroh itu yg saya dengar adalah jurusan baru. Nah untuk angkatannya sendiri udh ada yg menjadi alumni jurusan trsbt engga ka?
    dan menurut pandangan kaka sendiri jurusan manajemen haji dan umroh gimana sih?
    sebelumnya terimakasih ka
    wassalam

    • Walaikumsalam. Maaf sebelumnya karna saya baru dengar juga ada jurusan manajemen haji dan umroh. satu jurusan/program studi membutuhkan waktu sekitar 4 tahun untuk lulus, dan dikarenakan jurusan itu jurusan baru (saya belum tau jurusan ini sudah dibuka atau belum) maka kemungkinan belum ada alumninya. Karena saya belum tau dan baru dengar ada jurusan manajemen haji dan umroh, jadi saya tidak bisa berkomentar apa-apa.

  67. Rosse says:

    bang mau tanya, UIN mrngharuskan pkai rok?? g bs lbh casual gtu or gmna?

    • Dalam peraturan kampus, untuk perempuan diharuskan memakai rok. Tapi pada kenyataannya, yang menggunakan rok itu saya jumpai hanya di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Selebihnya kebanyakan menggunakan jeans. Kalau mau bukti, main aja dulu ke kampus UIN. liat aja bagaimana kondisinya :D

  68. yesika says:

    maaf saya mau nanya tahun 2014 boleh gak jurusan ipa ke ips ??

  69. Mufidatunnufus says:

    Aku mau tanya dong. kalo jurusan studi kesehatan masyarakat persyaratan khususnya ada tdk ka?. dan lulusan lebih banyak masuk ke pekerjaan apa ka? makasih ka

    • Semua jurusan yang ada di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), tak terkecuali jurusan Kesehatan Masyarakat hanya memiliki persyaratan “Tidak Boleh Buta Warna”. Lulusannya banyak bekerja di rumah sakit sebagai manajer atau pegawai kesehatan, depkes dan dinas kesehatan setempat, ataupun menjadi dosen

  70. tesya yolanda yuanita says:

    assalamualaikum, kak klo mau msuk di fak. sosial dan politik itu kan ada 3 program studi, nah itu mksdnya harus pilih salah satu progamnya atau emang udah semuanya ?

  71. Mufidatunnufus says:

    kak aku dari MAN. lebih cocok masuk fakultas dan jurusannya apa ya ka? bingung.

    • Coba konsultasikan dengan orang tua atau guru. Saya tidak bisa menilai kam pantas di jurusan apa karna yang menjadi pertimbangan saya bukan karna kamu berasal dari MAN ataupun SMA Negeri atau Swasta atau SMK. Melainkan jurusan kamu di MAN apa? apakah IPA, IPS, Bahasa, atau Agama? Dan selama kamu belajar di MAN, kamu lebih menguasai pelajaran apa? Ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk mengambil jurusan di perkuliahan. Misalnya kamu sekarang jurusan IPA dan menguasai pelajaran Fisika, maka sebaiknya kamu mengambil jurusan Fisika.

  72. yesika says:

    kak mau nanya kira-kira tes di UIN apa aja yah kak?

    • Tes di UIN itu melingkupi tes pengetahuan dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris), TPA (Tes Potensial Akademik), Agama (Pengetahuan Agama Islam, belajar saja dari pelajaran agama Islam SMA/Sederajat mulai dari kelas 10 samapai 12), IPA (bagi yang memilih bagian IPA saja), IPS (bagi yang memilih IPS saja), IPA dan IPS (IPC, bagi yang memilih IPA dan IPS)

  73. dyah says:

    assalammualaikum

    Kak, kalau mau masuk uin persyaratan apa aja sih?

  74. anas says:

    Insya allah jejak saya kesanaaa

  75. assalamu’alaikum,, kak, mau tanya kalau farmasi kuota nya tahun 2014 ini berapa ya ? trus selain jalur snmptn, sbmptn sama jalur mandiri jalur apa lagi yang bisa digunakan ? makasih

    • Walaikumsalam. Quota Farmasi kurang lebih 100 kursi mungkin, tapi pastinya saya tidak tau. Selain ketiga jalur yang adinda sebut, masih ada jalur SPMB PTAIN. Ini yang menyelenggarakan kerjasama antara Perguruan Tinggi Agama Islam saja.

  76. Rachel says:

    assalamualaikum,
    ka aku mau tanya kira2 peminat psikolog sama gizi bnyk ga ya? Trus cara dapetin bidikmisi gmana absnya aku yatim piatu

    • Walaikumsalam. Biasanya setiap tahun, peminatan untuk program studi di UIN bisa mencapai 500 lebih untuk satu program studinya, tetapi quota yang diterima kurang lebih 100 kursi untuk satu program studinya. Untuk mendapatkan beasiswa bidik misi, silahkan adinda berkomunikasi dengan pihak sekolah karna yang tau prosedurnya pihak sekolah

  77. damar says:

    Assalamualaikum ka mau tanya gimana sama teknik sipil di uin?

  78. ruddin lubis says:

    kalau..jurusan agribisnis biayanya berapa mas?
    dan untuk hari kuliahnya untuk karyawan bgaimana mas?
    pendaftran tahun ini dimulai kapan?
    mhon di balas

    • ruddin lubis says:

      dan bisa ga kuliah sabtu dan minggu untuk karyawan dengan jurusan agribisnis?

    • Untuk biaya, silahkan lihat komentar di atas. Saya sudah mencantumkan link untuk melihat biayanya. Di UIN sepengetahuan saya tak ada kelas karyawan. Jadwal perkuliahan hari senin sampai jumat mulai dari pagi samapai sore. Jadi kalau mau kuliah di UIN sambil kerja, kemungkinan kerjanya harus ngambil yang malam. Pendaftaran tahun ini, untuk SNMPTN 17 Februari – 31 Maret 2014; SPMB Mandiri 22 April – 2 Juni 2014. Untuk SBMPTN saya tidak tahu

  79. zahra says:

    ka, saya masih bingung sama penjelasan jurusan/prodi yg kaka tulis di atas.. untuk syari’ah, pembagiannya banyak bgt… kalo saya mau jd kemenlu, cocok nya masuk jurusan apa?

    • Fakultas terdiri dari beberapa jurusan/prodi yg mempunyai rumpun ilmu yang sejenis/mirip. Sedangkan jurusan/prodi berada dibawah naungan fakultas. Nah Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) sendiri punya beberapa jurusan/prodi yang ditawarkan kepada calon mahasiswanya, diantaranya jurusan/prodi (1). Hukum Keluarga, (2). Hukum Pidana dan Tata Negara, (3). Perbandingan Mahzab dan Hukum, (4). Muamalat, (5). Ilmu Hukum. Kalau kamu mau bekerja di kemenlu, lebih baik mengambil jurusan/prodi Hubungan Internasional saja.

  80. hamba Allah says:

    mana daya tampungnya

  81. assalamuallaikum .. maaf saya ganggu.saya mau tanya .. adik saya berminat untuk masuk filsafat islam/perindustrian? boleh minta info tentag ke2nya mengenai peluang kerja ke depan? o ya 1 lagi apa sdh ada jadwal penerimaan mahasiswa baru tahun ini?trims

    • Walaikumsalam. Saya baru mendengar ada filsafat Islam/Perindustrian. Tetapi yang pasti, untuk filsafat sendiri peluang kerjanya bisa di Lemhanas, Depsos, ataupun di instansi penentu kebijakan publik, dan bisa juga jadi dosen. Jadwal penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ini, SNMPTN 17 Februari – 31 Maret 2014; SPMB Mandiri pendaftaran mulai 22 April – 2 Juni 2014

  82. Lulu says:

    kak bagaimana dengan farmasinya ? kuota tahun 2014 ?

  83. Neng says:

    Pendidikan sosiologi kok gada ya?

  84. Anissa Putri says:

    Ka, mau tanya dong.
    Biaya untuk jurusan Sistem Informasi sma Teknik Informatika Brpa ya?

  85. Saida says:

    Ka aku pengen masuk UIN tapi bingung jurusannya, pengennya PGSD.. adagasih PGSD jurusannya??

  86. Fayna Faradiena says:

    assalamu’alaikum kak, kak saya kan dri jurusan IPA.. saya mau masuk Psikologi-UIN Jakarta lewat jalur SNMPTN 2014 ini kak,.. kan Psikologi UIN Jakarta kan IPS.. apakah boleh anak IPA daftar SNMPTN nya ke prodi yg IPS kak? terima kasih :)
    wassalamu’alaikum

    • Walaikumsalam, saya tidak tau prosedur sekarang bagaimana, tapi sepertinya boleh-boleh saja jika di SMA/Sederajat kamu IPA tapi daftar SNMPTN IPS. Tetapi coba tanyakan kepada guru kamu yang lebih mengetahuinya

  87. bachir pamungkas says:

    Kalo di UIN ada organisai2 pa ja yang bermodus kan keagamaan, dan bagimana kita masuk di daamnya.

    • Di UIN, organisasi yang bermodus keagamaan termasuk ke dalam organisasi ekstra kampus yaitu Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Tetapi ada juga yang termasuk ke dalam organisasi intra kampus yaitu Lembaga Dakwah Kampus (LDK)

  88. firdausy says:

    ka, klw mw masuk fakultas adab yg menerjemahkan itu apa kerjaannya? apa cuma menterjemahkan aja?

  89. tiwi says:

    kak mau tanya kalau biaya kuliah untuk sistem informasi dan teknik informatika berapa?
    lalu persyaratanya apa saja?
    terimakasih

  90. Assalamu’alaikum …
    Kak, apa di UIN Syarif Hidayatullah belajarnya agama Islamnya lebih diutamakan? Dan apakah UIN merupakan univ Islam terbaik di Jakarta?
    Tolong dijawab ya kak, soalnya saya ingin kuliah di Jakarta :)

    • Walaikumsalam. Mata kuliah yang berbasis keagamaan itu biasanya lebih banyak di semester 1 dan 2, untuk semester selanjutnya sudah berkurang. Karena dari segi penamaan Universitasnya sudah ada kata Islam, Universitas Islam Negeri, maka diharapkan mahasiswanya mampu mengintegrasikan Islam dengan Ilmu Pengetahuanya. Jika dibilang Universitas Islam yang terbaik di Jakarta, Ya. Karna Perguruan Tinggi Agama Islam yang lain di daerah Jakarta atau sekitarnya masih STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri).

  91. imam baihaqi says:

    UIN harumlah namamu islam dasar tujuanmu, menjadi lambang serta menjadi cinta islam yang hak dan sejati, cinta merdeka dan pancasila, bertumpukan darma baktimu, jayalah negara, jayalah bangsa, UIN bakti nyata

    Kami datang penuh gelora gembira, kami tuju teman fakultas tercinta, jumpa muka jumpa fikiran danjiwa, kami susun dunia baru bhagia, kami patriot FSH FSH, unggul handal terdepan, kami mahasiswa islam,mahasiswa indonesia,

    salam dari fakultas FSH, aku doain yang sungguh2 mau masuk UIN insya allah keterima, man jadda wa jadda

  92. Tia nur mutiah says:

    Kalo dari ipa mau masuk ekonomi syariah uin jakarta kira2 bisa tidak? Dan bnyk peluang nya ga? Apa syarat2 nya jg.

    • Menurutmu sendiri bagaimana adinda? FYI, IPA ke IPS itu banyak sementara IPS ke IPA jarang bahkan (mungkin) tak pernah, (Oh ya, jawaban ini berlaku untuk seleksi SPMB Mandiri ataupun SPMB PTAIN. Kalau SNMPTN dan SBMPTN, silahkan tanya ke pihak sekolah). Berbicara peluang, peluang semua orang yang ikut tes, SAMA. Tes bukan dilihat dari seberapa besar Passing Grade yang kamu dapat melainkan seberapa besar NILAI HASIL TES yang kamu dapat. Jadi semua ditentukan berdasarkan NILAI TES. Kalau saya tidak salah, tidak ada syarat apapun untuk ekonomi syariah.

  93. alfa elwafa says:

    Assalamualaikum
    Mau nanya, kalo si UIN jkt bisa snmptn lintas jurusan g ya? kan saya sari ips mau ke jurusan sistem informasi, kira kiraharus ikut tes tulis lagi ??
    Terus di UIN Jkt bisa minta keringanan bisaya tdk?? sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih
    wassalam

    • Walaikumsalam. Maaf adinda, pertanyaan yang serupa sudah pernah diajukan kepada guru atau pihak sekolah belum? Jika belum, segera tanyakan. Karena saya bukan panitia SNMPTN atau panitia SBMPTN. Kecuali kalo kamu ikut tes SPMB Mandiri, maka jawabannya bisa lintas jurusan. Setau saya, jurusan Sistem Informasi di UIN Jakarta bisa dari IPA ataupun IPS. Maksudnya minta keringanan biaya, bagaimana? Beasiswakah? Kalau beasiswa di UIN, ada beasiswa bidik misi, dipa, dan lain-lain.

  94. Rosse says:

    assalamua’laikum ka. saya mau tnya kalo peraturan di uin jkt, prempuan wajib pke rok kah gak bisa pakai celana?

    • Walaikumsalam. Peraturan di UIN Jakarta memang mewajibkan perempuan untuk memakai rok. Tapi peraturan ini masih dijalankah hanya di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI), dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) saja. Kalau adinda tidak percaya, silahkan kunjungi kampus 1 dan kampus 2 UIN Jakarta terlebih dahulu. Setelah masuk gerbang kampus, kunjungi masing-masing Fakultasnya dan silahkan buat penilaian sendiri tentang pemakaian rok di kampus UIN Jakarta.

  95. zam says:

    Assalamu’alaikum,
    maaf, di uin jakarta bisa menerima pindahan dari uin jogja untuk jurusan kesejahteraan sosial fakultas dakwah dan kimunikasi tidak??
    terimakasih..

    • Walaikumsalam. Menurut buku pedoman akademik, bisa saja mahasiswa dari kampus lain pindah ke UIN Jakarta. Coba kamu buka website UIN Jakarta di . Lalu pindahkan kursor ke atas, yaitu bagian “Akademia”, lalu pilih “Pedoman Akademik”. Nanti kamu download Pedoman Akademiknya dan baca persyaratan yang ada disitu (Pedoman Akademik –>> Bab 2: Sistem Pendidikan –>> Mahasiswa Pindah ke UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

  96. isti says:

    . assalamu’alaikum,,,
    kak mau tanya nih saya ini dari SMA, mau ikut SNMPTN pastikan saingannya banyak dari MA tuhhh.
    kira2 saya bisa masuk gk ya kak terutama di jurusan PAI ???

    • Walaikumsalam. Kata siapa? Jangan mentang-mentang UIN pasti mikir saingannya dari MA. Lebih baik, pikiran negatifmu itu dikurangi dinda. Coba berpikir lebih postif bagaimana kamu bisa masuk di jurusan PAI. Hal itu lebih baik ketimbang kamu memikirkan saingannya kebanyakan dari MA. Pikiran positif lebih banyak membawa keberuntungan ketimbang pikiran negatif. Gak percaya? Coba tanya sama Allah SWT :)

  97. Halo salam kenal, saya mau tanya untuk jurusan Teknik Informatika kelas internasional dibuka lewat jalur apa ya untuk tahun ini? saya lihat di halaman SNMPTN tidak ada jurusan ini di UIN.

    Terimakasih

  98. Cela Nurlita says:

    Assalamualaikum… Kak masuk UIN susah gak sih? Aku rada pesimis masuk PTN soalnya aku dari SMK kak~ ada kayak semacam ospek-ospek gitu gak? Di UIN ada asramanya gak kak? Aku liat di website UIN biaya pendidikan untuk prodi bahasa dan sastra inggris sekitar 1,7 juta kak tapi itu tahun ajaran 2013/2014 apa buat tahun 2014/2015 ada perubahan lagi atau enggak kak?

    • Walaikumsalam. Kalau disuruh jawab pertanyaan masuk UIN susah atau enggak, well, jawabannya relatif. Bisa susah, bisa mudah. Dibilang mudah juga enggak, dibilang susah juga enggak. Lantas kenapa kamu harus pesimis? Kenapa tak mencoba berpikiran positif saja. Peluang setiap orang untuk masuk UIN, sama. Tak ada yang diutamakan. Kalau ospek ya pasti ada lah setiap kampus. Asrama? Ada. Kalau biaya kuliah ya emang segitu dinda, tapi mungkin bisa naik, bisa turun, tergantung kebijakan dari kampusnya

  99. eky says:

    Assalammualaikum..
    Untuk jalur mandiri, bayar gak?

  100. eky says:

    Assalammualaikum.. Maaf nanya lagi kak..
    kalo untuk fakultas kedokteran apakah juga akan mempelajari mata kuliah yang berbasis keagamaan ? terimakasih kak

    • Walaikumsalam. Maksudnya jalur mandiri bayar atau enggak? Kalau untuk tesnya ya bayar. Kalau tidak salah sebesar Rp 300.000,-. Nah, setelah lulus tes, nanti ya bayar lagi untuk biaya semester 1 dan segala macamnya tergantung jurusan yang dimasuki. Setiap fakultas, selama 2 semester (1 tahun) atau lebih pasti ada mata kuliah yang berbasis keagamaan. Hal ini dikarenakan kampus tidak ingin menghilangkan ciri khas kampus sebagai kampus Islami

  101. syifa fajriani says:

    assalamualaikum :) kak kalau jurusan argibisnis itu masuknya ke dalam fakultas apa ya ? oiya … kalau masuk uin emangnya harus hapal 30 juz ya ? soalnya temen2 pada bilang begitu …
    doain yaa kaakk semoga saya bisa masuk uin jurusan argibisnis O:) melalui jalur snmptn…

    • Walaikumsalam. Emmm, gimana ya jawabnya? Kamu kan mau jadi mahasiswa nih, tolong dong dibaca dengan tuntas untuk pertanyaan yg pertama. Jelas sekali jurusan Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis itu ada di Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Temen kamu anak UIN juga kah?Kalau iya, UIN mana? Jakarta bukan? Kalau iya, Fakultas dan jurusan apa? Saya masuk Ilmu Politik, FISIP UIN Jakarta tidak dites dan diharuskan hapal 30 juz tuh. Amin, semoga kamu lulus di jurusan yang kamu inginkan :)

  102. ramadhan says:

    kak mau tanya memang semua mahasiswa UIN jurusan apapun harus hafal beberapa juz al quran yah? saya minat di komunikasi sama psikologi

    • Duh adinda ini dengar dari siapa? Bahkan saya yang masuk di Ilmu Politik, FISIP UIN Jakarta saja tidak melewati tes hapalan beberapa juz Al-Quran. Dan setau saya, dijurusan yang kamu minati itu, untuk masuk kesana juga tidak melewati tes hapalan beberapa juz Al-Quran

  103. aat says:

    kaka mau tanya, kalau studi matematika itu ada kelas karyawannya ga? terus kalau masuknya pake snmptn itu kira2 kuota masuknya besar ga? mohon di jawab ya ka.. maksih..

  104. dian says:

    assalamualaikum, ka sya mau nanya kalo total biaya utk jurusan hukum kira kira berapa?

  105. yuli fatmawati says:

    Ass, tahun 2014 ada alih jenjang dari D3 ke S1 farmasi gax, syaratnya apa aja? trims

  106. zuhrotun nafisah says:

    Assalamu’alaikum,ka saya lulusan tahun 2012 ,tahun kmren saya udh brusaha untk masuk uin jkrta tpi blm brhsil jga.tahun ini insyallamau msuk uin lagi,mhon doanya ka
    Kira kira pluang trbsar msuk uin jrusan apa n lwat jlur apa??
    Jazakallah ka :)

    • Walaikumsalam. Untuk jurusan, sesuaikan dengan minat dan bakat kamu. Percuma nanya ke saya, karena saya tidak tahu minat dan bakatmu dinda. Kebanyakan mahasiswa menjadi tidak berprestasi dan susah untuk lulus dari kampusnya dikarenakan mahasiswa tersebut kulih di jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Kalau masalah jalur, kuota terbesar memang melalui jalur SPMB Mandiri. Tapi karna kamu lulusan tahun 2012, coba juga melalu jalur SBMPTN, karena jalur SBMPTN pelaksanaannya lebih awal ketimbang jalur SPMB Mandiri

  107. Assalamualaikum ka…ka mau tanya kalo saya pilih jurusan Ilmu Politik lewat snmptn, yg diliat itu nilai apanya ya?

  108. utami nur rizki says:

    ka aku mau tanya kl ikut tes sendiri tanpa melalui skolah bisaa? tes mandiri gtuu..

  109. Ryan says:

    Assalamualaikum kang numpang nanya dong. itu nanti kita daftar snmptn di uin, otomatis masuk kelas internasional apa pas daftar ulang baru di konfirmasi ya kang mau kelas internasional apa engga? makasih kaang

    • Walaikumsalam. Memangnya adinda Ryan mau masuk jurusan apa? Sepengetahuan saya, saat daftar di awal itu milihnya yang kelas internasional baru setelah melalui penyeleksian dan dikatakan lulus, maka kamu berhak mengikuti perkuliahan di kelas internasional. Bukan otomatis ataupun saat daftar ulang seperti yang kamu maksud itu

  110. Muhammad rizal says:

    Assalamualikum.. Min pengen nanya, UIN itu dalam snmptn termasuk wilayah regional Jakarta apa diluar jakarta?

  111. Muhammad Rizal says:

    Assalamualaikum, min mau tanya.. UIN itu dalam snmptn termasuk wilayah jakarta apa diluar jakarta? Soalnya saya ingin pilih 2 PTN, salah satunya harus diwilayah regional yg sama dgn SMA saya, yaitu jakarta

  112. Muhammad Rizal says:

    Assalamualaikum.. min saya tertarik dgn fisip/ilmu politik. Itu hal-hal yg mendasar dlm fakultas tersebut pembelajaran seperti apa ya? terimakasih.

    • Walaikumsalam. UIN Jakarta berada di wilayah regional Jakarta. Hal-hal yang mendasar yang dipelajari? Biasanya sih seputaran ilmu sosial dan politik. Seperti, pengertian dasar tentang politik dan ilmu politik, pengertian dasar tentang ilmu sosiologi, aspek terpenting dari suatu negara dan pemerintahan, partai politik dan sejarahnya, sistem pemilu dan sejarahnya, dsb. Kalau minat, mungkin bisa meminjam atau membeli buku Dasar-Dasar Ilmu Politik, tulisan Prof. Miriam Budiardjo atau buku Memahami Ilmu Politik, tulisan Ramlan Surbakti di toko buku terdekat. Kedua buku tersebut menjadi kitab sucinya mahasiswa Ilmu Politik hehe. Kalau buku-buku yang lain, ada buku Pengantar Politik Global atau Pengantar Studi Hubungan Internasional, Filsafat Politik, Etika Politik, Ekonomi Politik, Komunikasi Politik, Marketing Politik, Sosiologi Politik, dan masih banyak lagi.

      • Dwi gina oktaviani says:

        assalamualaikum ka mau tanya lbh banyak daya tampung lwt jalur sbm atau mandiri ya? saya mau ngambil jurusan kesmas di uin saran dong ka saya lbh baik ikut jalur yg mana? atau duaduanya? thanks a lot ka :D

      • Walaikumsalam. Berdasarkan yang sudah-sudah, lebih banyak kuota lewat jalur Mandiri ketimbang jalur SBMPTN. Semuanya tergantung pilihan kamu. Pilihan kamu hanya Kesmas atau ada pilihan yang lain. Kalau hanya ada dua pilihan (misalnya kedokteran dengan kesmas), maka ikut saja dua jalur tersebut (SBMPTN dan SPMB Mandiri).

  113. Ahmad Syairopi says:

    assalamualaikum wr.wr..
    ada beasiswa dipa tahap 2 di tahun 2014 gak?

  114. Asri Rahma says:

    aslkm.. ka aku minat bgt ni kuliah di UIN, aku jg minat utk masuk fakultas ekonomi. kira2 biaya untuk mask UIN brapa trus untuk fakultas ekonominy sndri persemesternya brapa ? satu lagi, kuliah di UIN bsa sabtu minggu ngga?? trimakasih.

  115. Debbie says:

    Assalamu’alaikum ka mau tanya. Kalau di UIN ada kelas karyawan ga ya? terima kasih sebelumnya.

  116. anung satrio says:

    assalamuaikum bang saya dengar dari dosen saya yg juga mengajar di UIN, dsana fakultas tekhniknya lengkap, tpi ko yg saya liat cuman ada tekhnik informatika doang iya ? trus klo dari suasta ke UIN bisa gak iya ?

    • Walaikumsalam. Setau saya, sampai tahun ajaran 2013/2014 ini di UIN baru ada Teknik Informatika doang. Dan mulai tahun ajaran 2014/2015 sudah di buka Fakultas baru yaitu Fakultas Sumber Daya Alam dan Lingkungan dengan 3 Program Studi: Teknik Geologi, Teknik Perminyakan dan Teknik Pertambangan. Dalam buku Pedoman Akademik, tidak dijelaskan boeh atau tidaknya pindah dari swasta ke UIN. Saya rasa diperbolehkan, dengan beberapa persyaratan:
      a. Calon mahasiswa memiliki ijazah yang tidak memungkinkan mengikuti tes masuk UIN secara reguler (usia ijazah lebih dari tiga tahun).
      b. Calon mahasiswa sudah mengikuti perkuliahan di Perguruan Tinggi asal sekurangnya selama empat semester (dua tahun).
      c. Program Studi asal calon mahasiswa mempunyai nilai akreditasi minimal sama dengan nilai akreditasi Program Studi yang dituju.
      d. Program Studi asal calon mahasiswa harus linear dengan Program Studi yang dituju.
      e. Nilai matakuliah yang dapat dikonversi sekurangnya nilai B dari Program Studi asal.
      f. Masa permohonan pindah hanya dapat diajukan pada masa penerimaan mahasiswa baru yang berlaku di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
      g. Penerimaan atau penolakan permohonan pindah diputuskan oleh pimpinan Fakultas yang membawahi Program Studi yang dituju.
      (Persyaratan ini saya ambil dari Buku Pedoman Akademik Tahun Ajaran 2013-2014 yang dapat diakses di website UIN Jakarta)

  117. Anisa Hanna Sanjani says:

    Assalamualaikum. Maaf sebelum nya kalo aku nanya. Soalnya ga enak nih sama kak aulia akbarnya. Banyak bgt rentetan pertanyaan yg mesti beliau jawab. Oh ya kak, kalo kita masuk jalur Mandiri apa bener ga ada perbedaan uang semester sama yg masuk jalur Sbmptn/snmptn?
    Biasanya kalo jalur mandiri. mesti nyiapin dana yg lebih karna dy di katakan siswa mampu makanya milih jalur mandiri.

    • Walaikumsalam. Benar, tidak ada perbedaan. Yang membedakan cuma jalur masuknya aja. Pembayaran semesteran dan kelas tidak dibedakan. Kalau di UIN, tidak seperti itu. Memang kuota jalur Mandiri di UIN lebih besar dari SNMPTN dan SBMPTN, tetapi tetap untuk masalah pembayaran antara yang masuk via SNMPTN, SBMPTN, SMPN PTAIN, dan SPMB Mandiri itu sama

  118. Lusriadi says:

    kak kalo jadwal kuliah uin jakarta brapa kali seminggu?

  119. asyifa says:

    assalamualaikum,
    misi ka saya berminat nih mw ambil jurusan pen agama islam, / ga management dakwah, mw tanya ka kalo kuliahnya itu biasanya dari jam berapa sm jam berapa ka

    • asyifa says:

      trus ada pelajarannya mtknya ga ka

    • Walaikumsalam. Tergantung mata kuliah di Program Studi yang bersangkutan dek. Waktu Perkuliahan itu dari Pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB. Tapi yang namanya kuliah beda dengan sekolah. Kalau kuliah, waktu perkuliahannya itu tergantung dengan mata kuliah yang diambil. Bisa masuk pukul 07.00 – 09.00 dan dari pukul 09.00 tidak ada kelas lagi sampai sore pukul 16.00. dan dari pukul 16.00 – 18.00 ada kelas lagi. Semua tergantung pilihanmu nanti saat mengisi Kartu Rencana Studi (KRS)

  120. nurkholis.. says:

    assalamualaikum.. kk yng terhormat.
    saya mau tanya.. klo yng sistem informasi itu gelarnya apa k ? trus kira2 berapa mahasiswa yng masuke jurusan itu stiap thun ?

    trimakasih
    wassalamualaikum..

    • Walaikumsalam. Lulusan Sistem Informasi itu gelarnya Sarjana Komputer (S.Kom). Kuota 1 angkatan biasanya mencapai 100 orang dibagi ke beberapa jalur masuk seperti SNMPTN, SBMPTN, SPMB PTAIN dan SPMB Mandiri.

  121. istia says:

    Assalamu’alaikum kak..
    mohon maaf sebelumnya.
    saya mau tanya, saya kan dari smk kesehatan nih, kalau mau masuk uin fakultas ilmu kesehatan masyarakat kira2 bisa atau tidak ya? trus untuk ujian mandirinya biasanya kapan di laksanakannya? :)
    terimakasih. wassalam

  122. erlyna karvina says:

    assalamualaikum.
    maaf kang mau tanya..
    saya sekolah diSMK jurusan akuntansi dan saya ingin kuliah ngambil jurusan akuntansi juga kang. terus kalau Tesnya diUIN Syahid jurusan tersebut seperti apa ya kang?
    Terima kasih

  123. Andri says:

    Assalamualaikkum Wr. Wb.
    Di UIN kelas karyawan untuk HUMANIORA ada gak yaa ?
    Rencananya mau ambil Ilmu Perpustakaan di UIN
    Kalo ada kelas karyawan mau daftar di UIN aja coz deket sama rumah

    Terima Kasih

  124. Arief wijaksana says:

    Afwan, saya mau nanya..
    Kalo saya mau ikut sbmptn ngmbil prodi sastra arab, nanti di ujian tulis sbmptn mata pelajaran yg d uji apa aja??

    • Maaf, website SBMPTN sudah diubek-ubek belum? Artinya sudah dibaca semua? Hayo, jangan malas membaca. Hal itu terkait masa depan kamu. Intinya, SBMPTN tidak ada tes pendidikan agama, kalau SPMB Mandiri ada.

  125. achmad maliki says:

    Assalamualaikum..
    kak klo tafsir ayat2 al-qur’an masuk fakultas mana ?

  126. fitri says:

    Yg ilmu keperawatan udah ada yg nonreguler apa belum?

  127. Ivan Madriansyah says:

    Assalamualaikum kk. mau tanya, prodi kedokteran dan kesehatan masyarakat di UIN Jakarta persyaratannya harus tidak boleh buta warna keseluruhan, atau boleh buta warna parsial/sebagian kk? mksh

    • Walaikumsalam. Mengenai hal itu, saya tidak tau pasti karena yang tertulis adalah “tidak boleh buta warna”. Jadi untuk jaga-jaga sebaiknya memang adik tidak memiliki buta warna. Dan apabila adik buta warna parsial, tidak ada salahnya untuk dicoba. Siapa tau diterima

  128. Mumtaz says:

    Assalamualaikum kak, aku mau tanya. aku ini sekolah di SMK bukan di SMA, aku mau ambil prodi matematika. bisakah? mohon jawabannya kak trims.

    • Walaikumsalam. Adik tesnya lewat jalur apa? SBMPTN atau SPMB Mandiri? Jika SBMPTN maka bisa. Tetapi jika SPMB Mandiri, adik dari SMK dengan jurusan apa? Jika jurusan teknik, pertanian, atau farmasi maka adik bisa mengambil prodi matematika. Tetapi selain dari jurusan teknik, pertanian atau farmasi, adik tidak bisa mengambil prodi matematika

  129. koci says:

    assalamuaialikum , kak mau tanya kalo lulusan s1 PGSD sebaiknya ngambil prody apa ya untuk lanjut ke s2?

  130. Alfi Syahrina says:

    ka. saya kan nnti mau masuk HI di UIN tuh. nah nanti yg dipelajarin bahasa apa aja ya? makasih sebelumnya :D

  131. Fauzia Gustapiana says:

    assalamu’alaikum
    kak mau nanya nih, klo ekonomi syariah itu masuk bagian fakultas mana kak? fakultas ekonomi dan bisnis apa fakultas syariah dan hukum?
    terus jalur masuk UIN bisa lewat apa aja kak selain SBM undangan dan UM??
    makasuh kaka

  132. assalamualaikum..
    mau tanya kak, kalau jurusan sistem informasi dan ekonomi syariah seperti apa ya? cocok untuk lulusan smk jurusan akuntansi gak? pekerjaan yg akan didapet itu seperti apa?
    terima kasih kak sebelumnya..

    • satu lagi kak psikologi hehe..

      • Walaikumsalam. Sebaiknya adik mencoba untuk gugling dulu atas pertanyaan “jurusan sistem informasi dan ekonomi syariah serta psikologi seperti apa?” Saya pikir seharusnya bukan saya yang menjawab, tapi adik sudah harus bisa untuk menjawabnya jika adik ingin memasuki dunia perkuliahan. Kalau di bilang cocok atau tidak untuk lulusan SMK Jurusan Akuntansi, maka program studi yang cocok seharusnya Program Studi Akuntansi, baru Ekonomi Syariah. Selanjutnya bisa memilih apakah lebih condong ke Sistem Informasi atau Psikologi

  133. Aisyah says:

    kak aku mau nanya dong , aku mau daftar kedokteran ni lewat SPMB buat cadangan kalau ga keterima SBMPTN , kita milihnya yang paket C ( saintek ) saja bukan ?

  134. Aisyah says:

    kak aku mau nanya dong , aku mau daftar kedokteran ni lewat SPMB buat cadangan kalau ga keterima SBMPTN , kita milihnya yang paket C ( saintek ) saja kan ?

  135. Mulki says:

    Assalamualaikum ka.maaf ka saya mau tanya.kalau ikut jalur SPMB itu peluangnya besar gk? terus kalau SMK untuk prodi Bahasa dan Sastra Arab kemungkinannya ada gk?soalnya saya pengen banget masuk UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dari aku masih MTs & sekarang aku lulusan SMK. ya kalau kemungkinannya kecil aku mau masuk prodi manajemen.makasih ka sebelumnya
    Wassalam

    • Walaikumsalam. Peluang besar atau kecil, tergantung kuota penerimaan dibandingkan dengan pendaftar yang mendaftar di program studi yang sama. Kalau ditanya peluang saya gak tau, tapi yang pasti, kuota penerimaan lewat jalur SPMB Mandiri memang lebih besar ketimbang lewat jalur SNMPTN, SBMPTN dan SPMB PTAIN. Penerimaan lewat jalur SPMB Mandiri, yang diperhatikan itu bukan asal sekolahnya (apakah dia itu SMA, SMK atau MA), tetapi dilihat dari hasil penilaian tes SPMB. Jadi kalau ditanya kemungkinan ada atau tidak, ya pasti ada. Namanya kemungkinan itu selalu berdiri ditengah. 50:50

  136. assalamu’alaikum
    ka saya mau tanya, saya udah daftar jalur mandri.. dan saya pilih hubungan internasioanal..
    nah, saya bingung harus belajar apa untuk mempersiapkan tes nanti,,
    pelajarn apa saja yg harus saya perdalam ka,

    makasih,,,

    • Walaikumsalam. Kamu mengambil paket apa? A saja? B saja? C saja? BA? CA? atau CB? Paket A (Agama), B (Sosial), C (Sains). Yang jelas, dari paket ini, pasti ada tes matematika dasar, bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan agama Islam. Untuk tes agama Islam, pelajari saja pelajaran agama di SMA kamu. kalau pilih yang ada paket A, maaf saya tidak tau apa yang dites. Kalau pilih yang ada paket B, maka akan dites pelajaran ekonomi, geografi dan sosiologi. Dan kalau pilih yang ada paket C, maka akan dites pelajaran biologi, fisiki, kimia dan matematika IPA

  137. lena says:

    assalamualaikum mau nanya akreditasi sistem informasi di uin jakarta b apa sudah a ya? sama perbankan syariah itu akreitasinya apa ? makasih :)

    • Walaikumsalam. Merujuk kepada Pedoman Akademik 2013-2014, Program Studi Sistem Informasi akreditasinya sudah A. Kalau Perbankan Syariah belum ada akreditasinya karena terbilang baru

      • israhadi says:

        Assalamualaikum. Kalau masuk uin lewat spmb mandiri bisa ada keringanan biaya kuliah untuk keluaega kirang mampu gaa?

      • Walaikumsalam. Saya tidak tahu. Sepengetahuan saya, uang kuliahnya mau masuk lewat jalur mana aja, sama. Kalau mau lebih jelasnya, silahkan bertanya ke bagian akademik di gedung pusat akademik UIN Jakarta kampus I (samping gedung FITK)

  138. nafa fujiama says:

    assalamu’alaikum kk mau nanya tentang SNMPTN,,daftar ulangnya tgl 17 juninya atau sebelumnya ?? makasih

  139. Aisyah says:

    kak maaf ni nanya lagi hhe , FKG di UIN bagus ga ? buat cadangan selain kedokteran umum

  140. Aliyah says:

    Assalamualaikum kak
    Saya keterima di UIN jurusan HI lewat jalur snmptn, saya mau tanya apakah bahasa arab jadi matkul wajib ? Saya kurang pede ka, soalnya saya belajar bahasa arab baru di SMA sampai sekarang pun masih kurang paham betul.

    • Walaikumsalam. Iya, bahasa arab merupakan mata kuliah wajib selama 2 semester awal (semester 1 dan 2). Tidak usah terlalu dibawa beban. Bahkan saya yang saat SMA tidak pernah belajar bahasa arab saja masih bisa lulus dengan nilai B. Bawa enjoy aja

  141. terima kasih website ny sangat bermanfaat bagi kami yang ingin menempuh pendidikan tinggi di uin seluruh indonesia…

  142. febry istyanto says:

    mas ada program ekstensi gak di kesmas UIN saya dari D3 Analis kesehatan. terima kasih

  143. Rizky says:

    Assalamualaikum. mas saya mau UMTAIN, saya mau tau mata kuliah perbankan syariah apa ya? sukses terus mas.

  144. Rizky says:

    Assalamualaikum. mas saya mau UM-PTAIN, saya mau tau mata kuliah perbankan syariah apa ya? sukses terus mas.

    • Walaikumsalam. Perbankan Syariah ya? Emmm… Bisa dibilang bahwa program studi perbankan syariah ini mempelajari masalah bank-bank yang bergerak menggunakan sistem syariah. Dan juga dipelajari penerapan ekonomi Islam (muamalat) dalam perbankan syariah. Karena bisa dilihat, bank syariah menawarkan kelebihan yang tidak terdapat dalam bank konvensional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s